Tampilan Kanker Payudara

Kanker payudara adalah pertumbuhan sel ganas yang tak terkendali di payudara. Ini adalah kanker yang paling umum pada wanita, meskipun juga dapat berkembang pada pria. Penyebab pasti kanker payudara tidak diketahui, tetapi beberapa wanita memiliki risiko lebih tinggi daripada yang lain. Ini termasuk wanita dengan riwayat pribadi atau keluarga dari kanker payudara dan wanita dengan mutasi gen tertentu. Anda memiliki peningkatan risiko kanker payudara jika Anda memulai siklus menstruasi Anda sebelum usia 12 tahun, mulai menopause pada usia yang lebih tua, atau tidak pernah hamil.

Hasil terbaik ketika kanker payudara didiagnosis dan diobati dini. Sangat penting untuk memeriksa payudara Anda secara teratur dan menjadwalkan mammogram secara rutin mulai dari usia 45 tahun. Wanita yang berisiko lebih tinggi harus memulai mammogram pada usia 40 tahun. Bicaralah dengan dokter Anda tentang jadwal skrining kanker payudara yang terbaik bagi Anda.

Karena sel kanker dapat bermetastasis, atau menyebar ke bagian tubuh lainnya, penting untuk mengenali gejala kanker payudara sejak dini. Semakin cepat Anda menerima diagnosis dan memulai perawatan, semakin baik prospek Anda.

Baca lebih lanjut: Lumpektomi vs Mastektomi »
Gambar gejala kanker payudara
Benjolan atau penebalan payudara

Gejala awal kanker payudara lebih mudah dirasakan daripada melihat. Melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan akan membantu Anda terbiasa dengan tampilan dan nuansa normal mereka. Tidak ada bukti bahwa ini akan membantu Anda mendeteksi kanker lebih awal, tetapi ini akan membantu mempermudah Anda untuk melihat adanya perubahan pada jaringan payudara Anda.

Lakukan rutinitas memeriksa payudara Anda setidaknya satu kali per bulan. Waktu terbaik untuk memeriksa payudara Anda adalah beberapa hari setelah dimulainya siklus menstruasi Anda. Jika Anda sudah mulai menopause, pilih tanggal tertentu untuk memeriksa payudara Anda setiap bulan.

Dengan satu tangan diposisikan di pinggul Anda, gunakan tangan Anda yang lain untuk menjalankan jari-jari Anda di kedua sisi payudara Anda, dan jangan lupa untuk memeriksa di bawah ketiak Anda. Jika Anda merasakan benjolan atau ketebalan, penting untuk menyadari bahwa beberapa wanita memiliki jaringan payudara yang lebih tebal daripada yang lain dan bahwa jika Anda memiliki payudara yang lebih tebal, Anda mungkin melihat lekukan. Tumor jinak atau kista juga bisa menyebabkan lumpiness. Meskipun demikian, bawalah temuan yang tidak biasa ke perhatian dokter Anda.

Baca lebih lanjut: Apa itu hiperplasia stroma pseudoangiomatosa? »
Nipple discharge

Keluarnya cairan dari puting susu biasa terjadi ketika Anda sedang menyusui, tetapi Anda tidak boleh mengabaikan gejala ini jika Anda tidak menyusui. Pembuangan yang tidak biasa dari puting Anda bisa menjadi gejala kanker payudara. Ini termasuk debit yang jelas dan debit berdarah. Kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah kanker payudara menyebabkan keluarnya cairan.
Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Tidak jarang payudara membengkak, dan Anda mungkin melihat perubahan ukuran sekitar waktu siklus menstruasi Anda. Pembengkakan juga dapat menyebabkan nyeri payudara, dan mungkin sedikit tidak nyaman memakai bra atau berbaring tengkurap. Ini sangat normal dan jarang mengindikasikan kanker payudara.

Tetapi sementara payudara Anda mungkin mengalami perubahan tertentu pada waktu yang berbeda setiap bulannya, Anda tidak boleh mengabaikan beberapa perubahan. Jika Anda melihat payudara Anda membengkak pada waktu selain siklus menstruasi Anda, atau jika hanya satu payudara yang bengkak, bicarakan dengan dokter Anda. Dalam kasus pembengkakan normal, kedua payudara tetap simetris.
Nipple terbalik

Puting Anda mungkin berubah dalam penampilan. Ini juga normal. Tetapi bicarakan dengan dokter Anda jika Anda melihat puting yang baru terbalik. Ini mudah diidentifikasi. Alih-alih menunjuk ke luar, puting ditarik ke payudara. Puting terbalik sendiri tidak menunjukkan kanker payudara. Beberapa wanita biasanya memiliki puting datar yang terlihat terbalik, dan wanita lain mengembangkan puting terbalik dari waktu ke waktu. Namun, dokter Anda harus menyelidiki dan menyingkirkan kanker.
Peeling, scaling, atau mengelupas kulit

Jangan segera khawatir jika Anda melihat mengupas, bersisik, atau mengelupas payudara Anda atau kulit di sekitar puting Anda. Ini adalah gejala kanker payudara, tetapi juga bisa menjadi gejala dermatitis atopik, eksim, atau kondisi kulit lainnya. Setelah ujian, dokter Anda dapat menjalankan tes untuk menyingkirkan penyakit Paget, yang merupakan jenis kanker payudara yang memengaruhi puting. Itu juga bisa menyebabkan gejala-gejala ini.

Ruam kulit di payudara

Anda tidak boleh mengaitkan kanker payudara dengan kemerahan atau ruam kulit, tetapi dalam kasus kanker payudara inflamasi (IBC), ruam adalah gejala awal. Ini adalah bentuk agresif kanker payudara yang mempengaruhi kulit dan pembuluh getah bening payudara. Tidak seperti kanker payudara jenis lain, IBC biasanya tidak menyebabkan benjolan. Namun, payudara Anda bisa menjadi bengkak, hangat, dan tampak merah. Ruam tersebut bisa menyerupai gugus gigitan serangga, dan tidak biasa memiliki gatal.
Pitting kulit payudara

Ruam bukan satu-satunya gejala visual kanker payudara inflamasi. Selain itu, jenis kanker ini juga mengubah penampilan payudara Anda. Anda mungkin melihat lesung pipi atau pitting, dan kulit di payudara Anda mungkin mulai terlihat seperti kulit jeruk karena radang yang mendasarinya.
The takeaway

Sangat penting bahwa setiap wanita belajar bagaimana mengidentifikasi gejala kanker payudara yang terlihat. Kanker dapat menjadi agresif dan mengancam jiwa, tetapi dengan diagnosis dini dan pengobatan tingkat kelangsungan hidup tinggi.

Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker payudara jika didiagnosis dengan stadium 1 hingga tahap 3 adalah antara 100 persen dan 72 persen. Tetapi begitu kanker menyebar ke bagian tubuh yang lain, tingkat kelangsungan hidup lima tahun turun menjadi 22 persen. Anda dapat meningkatkan peluang deteksi dini dan pengobatan dengan:

    mengembangkan rutinitas melakukan pemeriksaan payudara sendiri
    menemui dokter Anda jika Anda melihat ada perubahan pada payudara Anda
    mendapatkan mammogram teratur

Rekomendasi mammogram bervariasi tergantung pada usia dan risiko jadi pastikan Anda berbicara dengan dokter Anda tentang kapan Anda harus mulai dan seberapa sering Anda harus memiliki mammogram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar