Nyeri di Bawah Payudara Kanan

Beberapa wanita mungkin mengalami rasa sakit yang tajam di bawah payudara kanan mereka yang datang dan pergi. Orang lain mungkin mengalaminya setiap kali mereka mengambil nafas. Kadang-kadang rasa sakit ini memancar ke punggung, ketiak, atau sampai ke tulang dada.

Paling sering, rasa sakit ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun dalam beberapa kasus, itu dapat menunjukkan kondisi yang mendasarinya. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.
Penyebab rasa sakit di bawah payudara kanan Anda

Kondisi yang mendasari mungkin terkait dengan rasa sakit di bawah payudara kanan mirip dengan rasa sakit di bawah payudara kiri, dengan beberapa pengecualian. Misalnya, sisi kanan tidak terkait erat dengan serangan jantung. Ini karena jantung sedikit lebih pada sisi kiri dan tengah dada.

Beberapa penyebab umum yang terkait dengan rasa sakit di bawah atau di dekat payudara kanan meliputi:
Radang selaput dada

Pleurisy adalah peradangan pada lapisan dada Anda, di luar paru-paru Anda. Jika paru-paru kanan terkena, maka Anda akan merasakan sakit di sisi kanan payudara Anda.

Gejala lain termasuk nyeri dada umum dan rasa sakit yang lebih buruk dengan napas dalam-dalam. Anda dapat mengambil napas yang dangkal untuk menghindari perburukan rasa sakit.

Perawatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, ada pedoman perawatan umum yang dapat Anda ikuti. Mereka termasuk:

    Perawatan diri. Dapatkan istirahat yang cukup dan hentikan latihan berat.
    Obat-obatan yang dijual bebas (OTC). Sebagai contoh, ibuprofen (Advil) dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Cedera tulang rusuk

Cedera tulang rusuk bisa menyebabkan nyeri di bawah payudara kanan. Gejala lain termasuk memiliki satu atau lebih bintik-bintik lunak dan nyeri ketika mengambil napas dalam-dalam atau memutar tubuh Anda.

Untuk mengobati cedera tulang rusuk, dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk melakukan aktivitas fisik dengan mudah untuk sementara waktu. Hindari memberi tekanan pada dada Anda saat tulang rusuk sembuh. Fraktur dan memar biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar enam minggu.

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan obat anti-inflamasi nonsteroid OTC (OAINS). Ini termasuk:

    ibuprofen (Advil)
    naproxen sodium (Aleve)
    aspirin

Hiatus hernia

Hiatal hernia terjadi ketika hernia berkembang dari perut dan mendorong melalui diafragma ke dalam rongga dada. Hal ini menyebabkan asam lambung bocor ke tenggorokan, mengakibatkan mulas dan tanda-tanda kelebihan gas, seperti bersendawa.

Untuk mengobati hernia hiatus, dokter Anda mungkin meresepkan obat OTC atau resep-kekuatan untuk mengurangi asam lambung, seperti:

    cimetidine (Tagamet)
    famotidine (Pepcid)
    ranitidine (Zantac)

Untuk beberapa kasus, dokter Anda mungkin meresepkan peredam asam lambung yang lebih kuat, seperti rabeprazole (Aciphex) atau pantoprazole (Protonix). Dalam kasus yang serius, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi.
Sindrom usus yang teriritasi

Iritable bowel syndrome (IBS) adalah kondisi kronis yang mempengaruhi usus besar. Ini menyebabkan sakit perut, kembung, dan gejala pencernaan lainnya yang tidak nyaman.

Nyeri biasanya terjadi di atas perut bagian bawah, tetapi bisa terjadi di bagian lain perut dan menyebar ke daerah yang berdekatan. Jika Anda berpikir nyeri payudara kanan Anda adalah karena IBS, buatlah janji untuk menemui dokter Anda.

Perawatan IBS melibatkan perubahan pola makan dan gaya hidup. Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan sejumlah obat yang paling sesuai dengan situasi khusus Anda, termasuk:

    obat antikolinergik, seperti dicyclomine (Bentyl)
    antidepresan trisiklik, seperti imipramine (Tofranil) atau desipramine (Norpramin)
    Antidepresan SSRI, seperti fluoxetine (Prozac) atau paroxetine (Paxil)
    obat penghilang rasa sakit, seperti pregabalin (Lyrica) atau gabapentin (Neurontin)

Costochondritis

Kondisi ini terjadi karena radang tulang rawan tulang rusuk antara tulang rusuk dan tulang dada. Karena costochondritis cenderung bermanifestasi di daerah mid-chest, dekat sternum, Anda mungkin mengalami rasa sakit di bawah payudara kiri atau kanan. Costochondritis sering hilang dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus, mungkin perlu waktu beberapa minggu untuk menyelesaikannya.

Untuk mengobati costochondritis, dokter Anda mungkin meresepkan terapi fisik, salah satu dari sejumlah obat, atau keduanya. Obat-obatan untuk mengobati kondisi ini termasuk:

    NSAID, seperti ibuprofen atau naproxen sodium baik dalam OTC atau kekuatan resep
    narkotika, seperti hydrocodone / acetaminophen (Vicodin) atau oxycodone / acetaminophen (Percocet)
    antidepresan trisiklik, seperti amitriptyline (Endep, Elavil)
    terapi nyeri neuropatik, seperti gabapentin (Neurontin)

Apa prospeknya?

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit di bawah payudara kanan tidak serius. Namun, jika rasa sakitnya parah atau terus berlanjut, buatlah janji dengan dokter Anda.

Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi di atas, dokter Anda dapat membantu mencegah rasa sakit dari melanjutkan atau kembali dan membantu Anda mengurangi dan mengelola gejala Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar